Anda di sini

Artikel

Bantuan Untuk Korban Banjir

Himbauan Kepada seluruh alumni dan masyarakat luas umumnya, bagi yang ingin mengulurkan bantuan untuk korban banjir dapat melalui DKM Libasutaqwa STTT Bandung

Tulisan artikel Fery Norman

Sertifikasi Caleg & Kepala Daerah

Industri Pemintalan Terdesak Bahan Baku

Siaran Pers

Kinerja nilai ekspor industri TPT disemester pertama tahun ini cukup menggembirakan dengan pertumbuhan sebesar 19,5%. Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana pertumbuhan ekspor didorong oleh pertumbuhan ekspor garment, tahun ini pertumbuhan ekspor justru didorong oleh tingginya angka pertumbuhan nilai ekspor serat yaitu 51,4%.

REUNI AKBAR IKA ITT-STTT TAHUN 2010

Reuni Akbar adalah petemuan seluruh alumni Institut Teknologi Tekstil - Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil dari seluruh angkatan 1954 - 2005. Nuansa kegembiraan pelepas rindu dan kebersamaan pada reuni tahun 2008 sangat mengesankan. Oleh karena itu IKA ITT-STTT akan menyelenggarakan Reuni Akbar dan Halalbihalal kembali pada tahun 2010. Dengan harapan reuni kali ini dapat dihadiri oleh lebih banyak Alumni.

Kinerja Ekspor TPT K1 2010 Tumbuh 18.74%

Kinerja ekspor Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) pada kuartal pertama tahun ini cukup mengesankan dengan nilai ekspor sebesar US$ 2.64 miliyar atau naik 18.74% (yoy). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pertumbuhan ekspor kali ini justru didorong oleh benang dan kain yang naik 37.71% disusul oleh ekspor fiber yang naik 36.29% dan garment yang hanya naik 8.53%.

Impor Garment Perlu Jalur Merah

Implementasi AC-FTA diyakini beberapa kalangan akan mengurangi penyelundupan khususnya penyelundupan pakaian jadi karena bea masuk sudah diturunkan hingga 0%. Bahkan seakan mentolelir praktik penyelundupan yang sudah lama terjadi beberapa pihak khususnya birokrasi menyatakan bahwa AC-FTA untuk pakaian jadi hanya melegalkan impor dari China yang selama ini banyak masuk secara ilegal.

Momentum Lebaran Tertekan Dayabeli

Sama halnya dengan masyarakat Indonesia, perayaan lebaran adalah moment yang paling ditunggu oleh produsen TPT, karena pada kuartal ini perputaran bisnis berputar dua kali lipat menyusul konsumsiyang biasanya tumbuh 100% dibanding kuartal sebelumnya.

Industri TPT Tertinggal Vietnam

Lambatnya perubahan investasi disektor TPT mengundang kekhawatiran para pemain dan profesional yang bergerak disektor tersebut. Dengan pertumbuhan rata-rata pertahun dibawah 2% selama 5 tahun terakhir, posisi Indonesia di dunia akan segera tergantikan Vietnam dan Bangladesh dengan pertumbuhan kinerja ekspornya sebagai akibat dari tingginya pertumbuhan investasi dikedua negara tersebut.

KINERJA TPT KUARTAL 1 2009; EKSPOR TURUN, TREND MEMBAIK

Perlambatan ekonomi dunia masih dirasakan dikuartal pertama perdagangan Tekstil & Produk Tekstil (TPT), kondisi ini diwakili oleh penurunan nilai impor Amerika Serikat dikuartal pertama yang turun 12,66% (yoy). Kondisi ini diikuti oleh penurunan nilai ekspor hampir semua negara suplier TPT ke pasar AS termasuk China (-7%), India (-11%), Meksiko (-19%) dan negara lainnya, tidak termasuk Vietnam, Indonesia dan Bangladesh yang mengalami pertumbuhan ekspor masing-masing 6%, 2,4% dan 15% (Sumber data Dept. Perdagangan AS).

Ekspor TPT Masih Berpeluang

Indonesia berpeluang memperluas pasar ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) ke Jepang, mengingat pemerintah Jepang berkeinginan mengurangi ketergantungan terhadap produk asal cina.

(sumber dari harian umum PIkiran Rakyat, edisi hari selasa tanggal 24 Februari 2009)

Halaman